MELATIH ANAK TERBIASA MENGAKUI KESALAHAN

Melatih anak untuk mau mengakui kesalahan dapat memberikan efek yang sangat baik untuk tumbuh kembang kepribadian anak, ketika anak mau mengakui kesalahan, anakpun tentunya akan cenderung lebih mudah bersosialisasidalam lingkungan dan dapat menjadikannya manusia yang berkarakter  baik dan berakhlak mulia.

 

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan supaya dapat melatih anak untuk terbiasa mengakui kesalahan:

 

  1. Biasakan anak untuk bersikap dan berkata jujur
  2. Ajarkan anak untuk terbiasa memperbaiki kesalahan dan mengambil kesimpulan beserta solusi dari setiap kesalahan yang dilakukan.
  3. Jangan pernah menyudutkan dan memaksa anak untuk mengakui kesalahannya.
  4. Berikan contoh yang baik,karena anak merupakan peniru yang sangat cepat, ia akan melakukan dan mencontoh apapun yang biasa ia dengarkan dan lihat.
  5. Ajarkan anak untuk berani sehingga anak tidak lari ketika dihadapkan pada semua masalah ketika dewasa nanti..

 

Mengakui kesalahan tentunya sangat penting dilakukan terlebih untuk anak laki-laki karena dengan berani mengakui kesalahan menandakan ia pribadi yang bertanggung jawab, pria bertanggung jawab tentunya cermin dari seorang muslim yang baik.

SABAR, DOA DAN TAWWAKAL

Sebagai seorang muslim, kita harus selalu sabar, berdoa dan tawwakal. Hal ini terlihat simple namun ketika iman melemah hal ini akan sangat sulit dilakukan, dan apa bila dikerjakan dengan sepenuh hati akan memberikan manfaat yang teramat bermakna dalam kehidupan sehari-hari

Mari kita ulas satu persatu:

  1. Sabar

Bagi setiap umat manusia kata “Sabar” pasti sangat umum untuk didengar, namun pengaplikasian  dari kata sabar teramat sangat sulit,  Sabar dalam Islam hanya berlaku pada segala kesungguhan jiwa dalam menekuni kebaikan dan juga kebenaran, walaupun kadangkala demi mempertahankannya pun harus bertaruh nyawa.karena sabar itu sendiri berarti upaya kuat dalam menahan diri melakukan hal-hal yang mengedepankan nafsu. seperti marah,meremehkan orang lain, egois dan segala hal yang bertentangan dengan ajaran islam.

Bisa kita lihat contoh jika seseorang tidak sabar dalam mencari rizqi maka ia akan melakukan hal-hal yang salah seperti korupsi, judi, mencuri, mengambil hak orang lain.

 

  1. berdoa

berdoa merupakan bentuk permohonan seorang hamba kepada Allah Ta’ala

Rasulullah bersabda, “Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah, selain daripada doa.”

(HR. Ibnu Majah).

 

Setiap hamba wajib berdoa pada Allah SWT karena jika tidak berdoa maka Allah akan murka, karena ketika hamba berdoa pasti akan di ijabah oleh yang maha kuasa.

 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“(Dan) Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan bagimu.” (QS. Al Mukmin [40] : 60).

  1. Tawwakal

Segala hal yang ada di dunia ini, pasti sudah diatur oleh sang illahi rabbi, tidak semua keinginan diri bisa tercapai, tugas kita mensyukuri dan jangan sampai frustasi ataupun depresi, maka ketika harapan ingin segera kamu semogakan serahkan pada Allah SWT.

Hal tersebut berhubungan dengan yang namanya tawwakal

Tawakkal berarti menyerahkan setiap urusan yang kita jalani, meski itu telah kita upayakan dengan segenap daya ikhtiar dan doa. Dan, ini merupakan perintah dari-Nya;

قَالُواْ يَا مُوسَى إِنَّا لَن نَّدْخُلَهَا أَبَداً مَّا دَامُواْ فِيهَا فَاذْهَبْ أَنتَ وَرَبُّكَ فَقَاتِلا إِنَّا هَاهُنَا قَاعِدُونَ

Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman.” (QS: Al-Maidah [5]: 24).

 

Yuk isi hari-hari kita dengan ikhtiar yang maksimal sembari terus berdoa, sabar dan tawakkal. InsyaAllah segala manfaatnya akan kita dapatkan bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat. aamiin